Tramadol Dijual Bebas: Ancaman bagi Kesehatan Publik, Polisi Diminta Reformasi Peredaran Obat terlarang. - WARTA GLOBAL JABAR

Mobile Menu

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

Berita Update Terbaru

logoblog

Tramadol Dijual Bebas: Ancaman bagi Kesehatan Publik, Polisi Diminta Reformasi Peredaran Obat terlarang.

Jumat, 29 Desember 2023

Karawang | WartaGlobal.id | Ribuan butir obat keras tramadol dan eximer yang dijual bebas di Jln. Interchange Cikampek Dauan tengah kec.cikampek Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sejumlah kasus juga ditemukan di wilayah Jabodetabek sehingga menimbulkan keresahan warga. Perlu upaya bersama untuk mengawasi keberadaan toko kosmetik yang menjual obat-obatan yang kerap disalahgunakan remaja itu.

”Ini merupakan obat terlarang. Kami mendapatkan laporan dari warga yang resah terkait penjual obat-obat terlarang itu. Banyak anak remaja yang membeli obat itu kepada N di toko obat tersebut,” ujar Dody dalam keterangan tertulisnya, kamis (28/12/2023).

Berdasarkan pemeriksaan awal, N menjual satu strip tramadol senilai Rp 25.000 dan menjual eximer Rp 10.000 per 10 butir. Tersangka mengaku mendapatkan barang tersebut dari seorang pengedar berinisial C ”Penggunanya para remaja, seperti pelajar dan pekerja. Mayoritas dari mereka tinggal di wilayah Kabupaten Karawang,” katanya.

Penjual/pengedar dijerat dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pasal yang digunakan di antaranya Pasal 114 ayat 2, Jo Pasal 132 ayat 1, subsider Pasal 113 ayat 2, lebih subsider pasal 112 ayat 2, jo Pasal 132 ayat 1. Adapun ancamannya minimal pidana 5 tahun dan maksimal hukuman mati, serta denda paling sedikit Rp800 juta dan maksimal Rp10 miliar,

(Red/tim)

KALI DIBACA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar